Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Lemak

Lemak

Senin, 30/07/2018 | 16:38 WIB

General

Share this article

LEMAK

Lemak adalah suatu zat yang penting bagi tubuh sebagai sumber energi dan merupakan salah satu zat utama yang dibutuhkan tubuh selain protein dan karbohidrat. Lemak dapat dihasilkan tubuh dari kelebihan energi hasil metabolisme makanan sebagai energi cadangan, sementara untuk kebutuhan metabolisme tubuh perlu asupan lemak dari makanan dalam jumlah yang tepat.

Beberapa manfaat lemak bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  • Membantu penyerapan Vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, sehingga agar dapat diserap tubuh, vitamin tersebut memerlukan bantuan lemak.
  • Hasil metabolisme lemak dalam tubuh, tidak seluruhnya dimanfaatkan tubuh secara langsung, tapi sebagian disimpan dalam jaringan tubuh sebagai cadangan energi bagi tubuh.

Lemak yang terdapat dalam sumber makanan terdiri dari beberapa jenis, seperti lemak tak jenuh, dan lemak jenuh. Berikut adalah penjelasan dari jenis-jenis lemak tersebut :

  • Lemak Tak JenuhLemak tak jenuh atau yang dikenal sebagai lemak baik, selain bermanfaat bagi tubuh juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tingkat LDL (kolesterol jahat) dan menjaga tingkat HDL (kolesterol baik) pada tubuh. Lemak jenis ini antara lain omega 3 dan omega 6. Omega 3 dapat diperoleh dari sumber makanan seperti ikan, sementara sumber makanan yang banyak mengandung omega 6 adalah kacang-kacangan, alpukat, biji bunga matahari dan jagung.
  • Lemak JenuhBerbeda dengan lemak tak jenuh, lemak jenuh justru dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Lemak jenuh juga dapat mengendap dan menyumbat pembuluh darah sehingga jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Lemak jenuh berasal dari sumber makanan hewani seperti daging sapi atau daging ayam dan produk olahannya, kuning telur, udang, dan susu kaya lemak.

Konsumsi lemak tetap diperlukan agar kebutuhan gizi seimbang terpenuhi. Konsumsi lemak yang berlebih tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Beberapa resiko yang ditimbulkan akibat kelebihan konsumsi lemak adalah sebagai berikut :

  • KegemukanAsupan lemak berlebih yang tidak dimanfaatkan tubuh akan di simpan dalam jaringan tubuh yang menyebabkan seseorang dapat mengalami kegemukan
  • Penyempitan pembuluh darahKonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah, dalam jangka panjang hal ini beresiko menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit seperti darah tinggi, jantung, stroke dan kerusakan dinding arteri.
  • Gangguan Fungsi HatiPenumpukan lemak di hati dapat menyebabkan gangguan fungsi hati, seperti hepatitis, fatty liver, dan sirosis hati, bahkan yang lebih parah dapat menyebabkan kanker hati.

Untuk menghindari dampak buruk makanan dengan kandungan lemak tinggi dapat dilakukan beberapa cara sebagai berikut:

  • Batasi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh
  • Hindari makanan yang digoreng
  • Ubah gaya hidup dengan perbanyak olah raga, karena dengan berolahraga dapat mengurangi lemak dalam tubuh dimana lemak dirubah menjadi energi
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah segar.

Daftar Pustaka

  • Australian Government National Health and Medical Research Council. 2015. Fat, Eat or Health. Https://www.eatforhealth.gov.au/food-essential/fat-salt-sugars-and alcohol/fat. Diakses pada 12 April 2018.
  • Doppenberg, J. dan P.J. Van Set Aar. 2010. Fakta About Fats : A Review of Feeling Value of Fats and Oil ini Feds for Swine and Poultry. Wageningen Academic Publisher: Wageningen.
  • U.S. Department of Health and Human Services and U.S. Department of Agriculture, 2015. 2015-2020 Dietary Guidlines For American. Http://health.gov/dietaryguidelines/2015/Guidlines/ Diakses pada April 2018.

POST A COMMENT

0 Comments