Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sabtu, 28/07/2018 | 07:58 WIB

General

Share this article

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang baik merupakan cara untuk melindungi diri dari serangan organisme pembawa bibit penyakit, serta meningkatkan kekebalan pada organisme baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kekebalan tubuh bekerja dengan cara mengidentifikasi dan menyingkirkan patogen jahat berupa bakteri, virus atau sumber penyakit lainnya serta menganalisa dan menerima sumber antigen yang merangsang produksi kekebalan tubuh, seperti antibodi. Kekebalan tubuh juga membuat pelindung untuk memisahkan organisme yang baik dan organisme yang jahat.

Kekebalan tubuh merupakan sistem kompleks yang meliputi berbagai sel dan senyawa yang berbeda. Bayi dilahirkan dengan kekebalan tubuh yang masih rentan. Kekebalan tubuh ini baru berkembang seiiring dengan perkembangan bayi, hingga menjadi sempurna beberapa tahun kemudian. Tetapi, seiring dengan bertambah tuanya usia, kekebalan tubuh juga akan menurun. Karena itu, banyak orang, teruma bayi, balita, dan orang tua yang rentan akan infeksi perlu tahu bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Nutrisi
Kekurangan nutrisi yang cukup adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan kerusakan pada kekebalan tubuh. Karena itu, untuk menjaga kesehatan, anda sebaiknya memperhatikan kadar asupan nutrisi. Beberapa nutrisi penting tersebut adalah protein, asam amino, mineral seperti zat besi, zat seng, dan selenium, serta vitamin seperti vitamin A, C, D, dan E. Nutrisi-nutrisi ini banyak ditemukan pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Anda juga perlu minum air yang cukup untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang baik.

2. Suplemen
Apabila anda memerlukan bantuan untuk meningkatkan kadar nutrisi dalam tubuh, anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menerima suplemen yang tepat. Dokter juga dapat menganjurkan penggunaan probiotik yang berguna untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh. Meskipun begitu, anda disarankan untuk berhati-hati, karena penggunaan suplemen atau obat yang berlebih, seperti menggunakan kortikosteroid dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga kesehatan
Penyakit seperti diabetes dan HIV dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, menjaga kesehatan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kesehatan juga dapat dijaga lebih baik pada lingkungan hidup yang baik dan bersih. Selain itu, Anda disarankan untuk istirahat yang cukup dan melakukan meditasi untuk mengurangi stres. 

4. Imunisasi

Imunisasi dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap ancaman penyakit tertentu. Untuk menjaga kesehatan, anda diharapkan untuk mendapatkan imunisasi lengkap sejak dini. Beberapa jenis vaksin yang anda butuhkan adalah vaksin hepatitis B, DPT, polio, campak, BCG, HiB, serta vaksin Rotavirus.

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Olahraga ini dapat berupa aktivitas ringan seperti bersepeda, atau jogging maupun aktivitas yang lebih membutuhkan energi seperti berenang atau pergi ke gym. Apabila anda berolahraga secara rutin, kekebalan tubuh anda akan menjadi lebih baik sehingga anda merasa lebih sehat dan lebih bersemangat.


Daftar Pustaka:

  • Yan F, Polk DB. Probiotics and immune health. In: PubMed Central: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4006993/. 2014.
  • Lanseth L, 1999. Nutrition and Immunity in Man, Washington DC.
  • Information, Situasi dan Analisis Gizi, Depkes.
  • Poester Gernas. Promkes Depkes.

POST A COMMENT

0 Comments