Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Olahraga Mengecilkan Perut

Olahraga Mengecilkan Perut

Kamis, 26/07/2018 | 06:02 WIB

General

Share this article

OLAHRAGA MENGECILKAN PERUT

Memiliki perut yang kecil dan langsing merupakan dambaan semua orang. Karena dengan memiliki perut yang datar dapat memberikan kenyamanan dan meningkatkan kepercayaan diri. Untuk mendapatkan perut yang langsing bukan lah sesuatu yang sulit, hal ini bisa kita dapatkan dengan rutin melakukan olahraga serta dikombinasikan dengan konsumsi makanan yang sehat bernutrisi dan pola istirahat yang teratur.

Anda disarankan untuk melakukan olahraga dengan teratur minimal 3x dalam seminggu dan minimal 30 menit setiap melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan setiap orang berbeda tergantung dari usia, kondisi tubuh. Jenis olahraga yang dapat membantu untuk mengecilkan perut sangat banyak misalnya bersepeda, senam aerobik, berenang, jogging dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa olahraga  yang dapat mengecilkan perut yaitu :

  • Berenang, Olahraga renang tidak beda jauh dengan senam aerobik, dimana pembakaran kalori terjadi secara bertahap. Olahraga renang merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan. Bagi orang yang memiliki berat bedan berlebihan (obesitas) disarankan untuk melakukan olahraga renang.

  • Senam aerobik, Jika anda punya perut yang buncit dan mempunyai impian untuk mempunyai perut yang datar dan langsing, senam aerobik merupakan jenis olahraga yang tepat untuk anda. Lakukan dengan teratur. Senam aerobik merupakan olahraga yang mempunyai intensitas dan ritme yang teratur mulai dari pemanasan, gerakan inti, sampai gerakan pendinginan. hal ini sangat berguna untuk membakar kalori secara efektif.

  • Bersepeda, Bersepeda dengan rutin setiap harinya dengan durasi waktu selama 30 menit setara dengan membakar 300 kalori. Selain mendapat perut yang datar, olahraga sepeda dapat memberikan kekuatan pada otot paha dan tungkai.

  • Jogging, Lari santai atau jogging merupakan jenis olahraga yang paling mudah dilakukan setiap hari. Tetapi jika anda tidak mempunyai waktu khusus untuk jogging bisa digantikan dengan melakukan kegiatan seperti naik turun tangga dirumah atau dikantor. Jogging  yang dilakukan minimal 30 menit setiap hari dapat membakar 300-500 kalori.

Olahraga pembentukan otot perut

Olahraga pembentukan otot perut sangat diperlukan karena dapat membakar lemak yang tertimbun diperut akan digantikan oleh massa otot perut. Beberapa gerakan yang membantu anda membentuk otot perut :

  • Sit up, Gerakan sit up dapat dilakukan dirumah dengan cara membaringkan tubuh diatas matras/lantai, tekuk lutut. Taruh kedua tangan di kepala, belakang telinga untuk membantu gerakan. Tarik bahu menjauh dari lantai menggunakan otot perut, bernapas dengan teratur. sit up dapat dilakukan 15-25 kali setiap hari

  • Belly dance, Belly dance  atau tarian perut merupakan jenis olahraga yang dapat membentuk massa otot perut. Gerakan tarian perut ini dapat kita lakukan dengan berulang-berulang . olahrga ini dapat membakar lemak dan kalori diperut.

  • Leg drop, Berbaring di lantai/matras kemudian dengan pelan–pelan angkat kedua kaki hingga sejajar dengan pinggul 90 derajat.Lalu, secara perlahan turunkan kedua kaki secara perlahan tapi jangan sampai kedua kaki menyentuh lantai. Tahan posisi ini beberapa saat kemudian ulang ke posisi semula. Lakukan sebanyak 10 kali.

Daftar pustaka :

  • Kelly A. shaw, Hani C, Gennat, Peter O’rouks, and Chris Dei mar (2006) “exercise or overweight or obesity  Cochrane database of systematic reviews (4), art No.CD003817, in :http://epublications bend.edu.au/gorevbiewcontent?article=10498context+hsmpubs
  • Arjuna, fatukrahman (2016) panduan kesehatan olahraga. Yogyakarta. UNY

POST A COMMENT

0 Comments