Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Buah Baik Untuk Ibu Hamil

Buah Baik Untuk Ibu Hamil

Rabu, 18/07/2018 | 16:39 WIB

General

Share this article

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu  bahan makanan yang kaya akan manfaat terhadap kesehatan kita. Terlebih lagi untuk seorang ibu yang sedang hamil. Ibu hamil yang sedang mengandung seorang anak tentu saja perlu mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan juga kesehatan janinnya.

Komponen dan Manfaat Buah

Buah Baik Untuk Ibu Hamil

Buah merupakan jenis makanan yang sangat dibutuhkan karena buah mengandung banyak komponen penting yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa komponen tersebut adalah:

  • Serat
    Serat adalah nutrisi penting yang dibutuhkan pada masa kehamilan karena serat memperlancar proses pencernaan sehingga membantu mengontrol berat badan sang ibu. Serat dapat juga membantu dalam  mencegah konstipasi.
  • Vitamin
    Vitamin terdiri dari berbagai golongan dan berbagai variasi dengan manfaatnya masing-masing yang berbeda. Vitamin-vitamin ini banyak terkandung di dalam buah-buahan, sehingga konsumsi buah sangat baik untuk ibu hamil karena vitamin berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ibu dan bayinya.
  • Mineral
    Sama seperti vitamin, mineral  mengandung berbagai macam manfaat yang dibutuhkan tubuh. Contoh mineral yang terkandung dalam buah-buahan antara lain kalium terutama pada pisang, magnesium, dan kalsium
  • Karotenoid, Klorofil, dan Flavonoid
    Ketiga zat tersebut adalah senyawa yang memberi warna pada buah-buahan. Ketiga senyawa tersebut bekerja sebagai antioksidan yang melindungi tubuh. Karotenoid memberi warna jingga dan kuning pada buah. Beta-karotin, salah satu jenis karotenoid, juga berguna untuk mendukung proses pembuatan vitamin A. Kemudian, flavonoid yang memiliki senyawa antosianin berguna untuk memberi warna merah, ungu, atau biru pada buah-buahan. Flavonoid ini juga sangat kaya akan vitamin dan mineral dan bekerja baik dalam menangkal radikal bebas.

Manfaat Buah untuk Kehamilan

Buah yang rutin dikonsumsi oleh ibu hamil dapat memiliki manfaat seperti:

  • Mengurangi risiko persalinan sebelum waktunya
  • Mengurangi risiko cacat pada bayi
  • Mengurangi risiko bayi untuk dilahirkan dengan berat badan yang kurang.

Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Hampir semua buah tentu saja baik untuk dikonsumsi, tetapi, berikut adalah beberapa buah yang disarankan untuk rutin dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Buah beri
    Buah yang secara ilmiah diklasifikasikan sebagai beri bukanlah buah seperti blueberi atau stroberi, melainkan buah seperti anggur, pisang, dan juga tomat. Buah beri seperti pisang ini kaya akan serat, potasium serta vitamin-vitamin seperti B6 serta vitamin C. Buah ini dapat mengurangi rasa konstipasi yang disebabkan oleh kehamilan.
  • Jeruk  dan Lemon
    Buah jeruk dan lemon termasuk dalam golongan buah citrus. . Buah-buahan ini kaya akan vitamin, terutama vitamin C. Menurut beberapa wanita, mengkonsumsi air lemon dapat membantu untuk menghilangkan rasa mual semasa hamil.
  • Buah pome atau pomegranate
    Buah yang merupakan anggota dari golongan pome adalah buah seperti apel dan pir. Buah ini kaya akan serat, serta memiliki kandungan vitamin yang tinggi, terutama vitamin A, vitamin C, dan juga mineral potasium. Menurut penelitian, ibu yang rutin mengkonsumsi apel pada masa kehamilan akan memiliki anak dengan risiko lebih rendah untuk mengalami alergi atau asma.

Buah-buahan penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, dan akan lebih baik lagi apabila buah-buahan ini adalah buah yang dibudidayakan secara organik. Selain itu, kebersihan buah juga harus dijaga sebelum dikonsumsi, agar ibu atau calon bayi tetap sehat. Berikut adalah beberapa saran yang sebaiknya dilakukan:

  • Cuci buah dengan menyeluruh sebelum dimakan
  • Buang bagian yang busuk karena bakteri dapat berkembang di bagian tersebut
  • Jangan meminum jus buah yang dibuat di sembarang tempat
  • Buah sebaiknya dimakan langsung setelah dipotong atau dikupas
  • Buah yang disimpan dalam kulkas sebaiknya dijaga agar tidak berada dekat pada daging mentah yang dapat memiliki kuman berbahaya.

Daftar Pustaka:

  • Murphy Mm, Stettler N, Smith KM, Reiss R. Associations of consumption of fruits and vegetables during pregnancy with infant birth weight or small for gestational age births: a systematic review of the literature. In: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4208630/. 2014.
  • Orjuela MA, Titievsky L, Liu X, Ramirez-Ortiz M, Ponce-Castaneda V, Lecona E, Molina E, Beaverson K, Abramson DH, Mueller NE. Fruit and vegetable intake during pregnancy and risk for development of sporadic retinoblastoma. In: PubMed: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15941952. 2005.
  • Slavin JL. Lloyd B. Health Benefits of Fruits and Vegetables. In: PubMed Central: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3649719/. 2012.
  • Chia AR, de Seymour JV, Colega M, Chen LW, Chan YH, Aris IM, Tint MT, Quah PL, Godfrey KM, Yap F, Saw SM, Baker PN, Chong YS, van Dam RM, Lee YS, Chong MF. A vegetable, fruit, and white rice dietary pattern during pregnancy is associated with a lower risk of preterm birth and larger birth size in a multiethnic Asian cohort: the Growing Up in Singapore Towards healthy Outcomes (GUSTO) cohort study. In: PubMed: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27733407. 2016.
  • Babaei AH, Foghaha MH. A randomized comparison of vitamin B6 and dimenhydrinate in the treatment of nausea and vomiting in early pregnancy. In: PubMed Central: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4020031/. 2014.
  • Willers SM, Devereux G, Craig LCA, McNeill G, Wijga AH, Abou El-Magd W, Turner SW, Helms PJ, Seaton A. Maternal food consumption during pregnancy and asthma, respiratory and atopic symptoms in 5?year?old children. In: PubMed Central: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2117307/.
  • Hajhoseini L. Importance of optimal fiber consumption during pregnancy. In: International Journal of Women’s Health and Reproduction Sciences; doi: 10.15296/ijwhr.2013.13.
  • EJ Johnson. The role of carotenoids in human health. In: PubMed: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12134711.
  • Forster DH. Chapter 13, Green Chlorophyll. In: Nutrition and the Imprisoned Splendour. ISBN: 978-1-84747-493-3. Brentwood. 2007.
  • Yao LH1, Jiang YM, Shi J, Tomás-Barberán FA, Datta N, Singanusong R, Chen SS. Flavonoids in food and their health benefits. In: PubMed: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15678717.

POST A COMMENT

0 Comments