Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Beras Merah

Beras Merah

Sabtu, 14/07/2018 | 18:36 WIB

General

Share this article

Beras Merah

Beras Merah

Beras merah adalah nasi putih yang kaya akan kandungan zat gizi misalnya pati protein, mineral, dan lemak nabati. Beras merah (Oryza glaberrina) merupakan salah satu jenis beras yang banyak direkomendasikan untuk diet terutama pada pasien diabetes melitus. Beras merah pertama kali ditanam pada 2000-3000 tahun yang lalu di Mali, Afrika.

Baik beras merah maupun beras coklat memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Namun pada beras merah lebih banyak mengandung nutrisi dari pada beras putih. Beras merah dapat membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Kandungan Beras Merah


Kandungan yang diperoleh dari beras merah antara lain:

  • Mengandung vitamin B pada bagian kulit padi
  • Mengandung mineral antara lain: zink, kalium, natrium, dan mangan yang berguna bagi kebutuhan nutrisi tubuh
  • Memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari pada beras putih biasa.
  • Kandungan gizi beras merah pada takaran 1/3 cangkir nasi yang dimasak adalah energi 82 kal; protein 0,65 g; karbohidrat 17,05 g; serat 1,1 g; gula total 0,16 g; lemak total 0,17 g; lemak trans dan kolesterol 0 g.

Perbedaan Beras Merah dan Beras Putih

Perbedaan nutrisi yang terkandung antara beras merah dengan beras putih. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara beras merah dan beras putih:

  • Serat.

Umunya beras merah memiliki serat yang lebih tinggi dari pada beras putih, yaitu sekitar 1 hingga 3 g lebih banyak bila dibandingkan dengan beras putih. Serat ini sangat bermanfaat untuk mengobati konstipasi. Selain itu serat juga dapat membantu dalam pemeliharaan berat badan sehingga Anda tidak cepat merasa lapar; membantu menurunkan kolesterol, mengendalikan kadar gula yang membantu mengurangi risiko diabetes; serta membantu membunuh kuman yang berada di usus.

  • Mangan

Mangan adalah minral yang sangat penting dalam memproduksi energi dan fungsi antioksidan.

  • Selenium

Sumber selenium yang baik ada pada beras merah. Selenium ini memiliki peran dalam produksi hormon tiroid, perlindungan antioksidan, dan fungsi kekebalan tubuh. Bersama dengan vitamin E, selenium dapat membantu melindungi tubuh dari sel kanker.

  • Magnesium

Beras merah memiliki sumber magnesium yang lebih baik dari pada beras putih. Magnesium sangat diperlukan untuk setiap fungsi vital, termasuk pembekuan darah, kontraksi otot, produksi sel, serta perkembangan tulang. Pada wanita hamil maupun menyusui biasanya membutuhkan asupan harian yang lebih tinggi.

  • Folat

Folat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk semua orang, khususnya bagi ibu hamil atau berencana untuk hamil.

Manfaat Beras Merah

Manfaat dari beras merah yaitu:

  • Mampu mengurangi kenaikan gula darah pada penderita diabetes
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Sebagai sumber vitamin B
  • Menurunkan terjadinya disfungai endotel (pembuluh darah) pada penderita diabetes
  • Memperlambat pengosongan lambung, sehingga memperlama perasaan kenyang yang dirasakan.

Daftar Pustaka:

  1. Linareas of African Rive (Oryza glaberrima) : Histort and Future Potential. Proc Nati Aced Sd USA. 2002 Dec 10; 99.
  2. Sun Q, Spiegeiman D, Van Dam RM. White Rice, Brown Rice, and Risk of Type 2Diabetes in US men and women. Diunduh dari : https://www.ncbi.nlm.nih.gov. /pmc/articles/PMC3024208/ Tanggal 2 April 2018.
  3. Kandi K, Morino K, Nishio Y. Fibir-rich Diet with Btown Rice Improves Endothecal Function in Type 2 Diabetes Melitus: A Randomize controlled Trial. Plos One. 2017; 12(6): e0179869.
  4. Pletsch EA, Hamaker BR. Brown Rice Compared to White Rice Slows GasticEmptying in Humans. Eur Jclin Nutr. 2018 Mar; 72(3):367-373.
  5. Butler N, RD, L. Brown Rice vs. White Rice: Which Is Better for You?. 2017. In HealthLine.
  6. WebMD. Brown Rice. Diakses pada 18 Juni 2018 [https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1148/brown-rice]
  7. Organic Facts. 15 Impressive Benefits of Brown Rice. 2017. In OrganicFacts.

POST A COMMENT

0 Comments