Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani

Jumat, 13/07/2018 | 12:41 WIB

General

Share this article

Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kondisi fisik tubuh yang baik dan sehat dalam menjalani berbagai aspek kehidupan terutama pada saat beraktivitas sehari-hari.  Kebugaran jasmani termasuk daya tahan jantung, sistem pernapasan yang baik, daya tahan otot yang baik, tenaga yang memadai, komposisi tubuh yang seimbang, fleksibilitas tubuh yang baik.

Kebugaran jasmani berfungsi sebagai pengemban kesanggupan melakukan aktivitas bagi siapapun, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Manfaat Menjaga Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani

Menjaga kebugaran jasmani bisa meningkatkan :

  • Kelincahan, kecepatan dan waktu reaksi

Kecepatan adalah kemampuan untuk memberikan jawaban dari rangsangan yang diterima dengan secepat mungkin.

  • Keseimbangan dan koordinasi

Keseimbangan kemampuan tubuh untuk mempertahankan posisi agar tidak bergerak atau terjatuh ketika melakukan gerakan atau pada saat terdiam. Koordinasi adalah kemampuan seseorang untuk memanfaatkan panca indera seperti pendengaran, penglihatan dan lain-lain.

  • Kekuatan

Kekuatan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan  melakukan kegiatan berupa mengangkat, menahan atau menarik beban dan lain-lain.

  • Daya tahan

Daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk mempertahankan suatu kegiatan dalam jangka waktu yang lama.

Kebugaran jasmani setiap individu berbeda-beda. Setiap kegiatan yang dilakukan membutuhkan kebugaran jasmani yang didukung oleh tubuh yang sehat. Faktor –faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani antara lain:

  • Umur

Kebugaran jasmani seseorang bisa ditentukan oleh usia. Kebugaran jasmani akan meningkat pada saat anak-anak hingga mencapai usia maksimal 25-30 tahun. Diatas 30 tahun akan terjadi penurunan seluruh organ-organ tubuh sebesar 0,81-1%. Tetapi jika rutin melakukan olahraga kecepatan penurunanan dapat diperlambat.

  • Jenis kelamin

Umumnya kebugaran jasmani perempuan lebih baik dibandingkan dengan laki-laki. Hal itu diakibatkan karena laki-laki biasanya lebih banyak melakukan kegiatan fisik dibandingkan perempuan. Setelah melewati masa pubertas tingkat kebugaran jasmani pria lebih bagus dari pada perempuan.

  • Makanan

Asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari sangat berpengaruh terhadap tingkat kebugaran jasmani. Dengan terpenuhinya asupan gizi yang bagus maka seseorang akan memiliki kebugaran jasmani yang baik.

  • Pola tidur dan istirahat

Istirahat sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk mengembalikan otot-otot yang telah melakukan aktivitas seharian.  Pola tidur dan istirahat yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Latihan kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan atau latihan fisik. Latihan fisik dapat kita pilih sesuai dengan kesenangan kita misalnya Jogging, stretching, senam lantai, angkat beban, lari cepat jarak pendek, bersepeda dan lain-lain. Latihan fisik yang dilakukan dengan rutin mempunyai dampak yang bagus bagi tubuh yaitu :

    • Meningkatkan daya tahan jantung dan pernapasan
    • Memperkuat sendi dan otot
    • Memperlancar aliran darah
    • Memperkuat otot dan sendi dan mengurangi lemak

Setelah mendapatkan kebugaran jasmani yang baik sangatlah baik kita mempertahankan kebugaran jasmani tersebut. Hal yang perlu dihindari agar tetap mendapatkan kebugaran jasmani antara lain : Hindari obat-obatan seperti steroid, Hindari olahraga berlebih, Hindari makan berlebih dan hindari rokok.

Daftar pustaka:

POST A COMMENT

0 Comments