Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Biji Kopi

Biji Kopi

Kamis, 12/07/2018 | 09:45 WIB

General

Share this article

Biji Kopi

Siapa yang tak kenal minuman kopi? Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Kopi dibuat dari biji-biji kopi yang dipanggang. Kopi merupakan minuman yang  disukai oleh banyak orang karena rasanya dan aromanya yang harum. Secangkir kopi dapat dicampur dengan berbagai zat tambahan misalnya  gula, susu atau krim untuk menambah cita rasa. Kopi juga dapat dinikmati pada saat hangat ataupun dingin, sehingga kopi merupakan salah satu jenis minuman yang cocok untuk memenuhi selera setiap orang.

Biji kopi merupakan tanaman tropis dan subtropis yang berasal dari etiopia, sebelum dibawa dan dikembangan di negara Arab. Biji kopi memerlukan waktu tanam kurang lebih  6 hingga 9 bulan untuk dapat dipanen.

Kandungan biji kopi

Di dalam sebutir biji kopi terdapat lebih dari 800 zat-zat berbeda. Beberapa zat ini memiliki manfaat yang tinggi untuk tubuh, sementar zat-zat lainnya dapat merusak tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Beberapa zat baik yang terkandung dalam kopi antara lain:

  • Asam klorogenik. Asam klorogenik merupakan zat di dalam kopi yang berfungsi sebagai antioksidan.
  • Trigonelin. Zat trigonelin merupakan salah satu kandungan dalam kopi yang memiliki efek antidiabetes.
  • Diterpenes. Menurut penelitian, zat diterpenes dapat mengurangi kadar lemak di dalam tubuh.

Disamping manfaat-manfaat tersebut, kopi juga memiliki zat yang buruk untuk dikonsumsi. Zat tersebut adalah kafein. Kafein dapat meningkatkan stamina tubuh, tetapi kafein berbahaya apabila diminum dalam jumlah yang berlebih. Efek samping tersebut adalah rasa gelisah, insomnia, wajah memerah, gangguan pencernaan serta penyakit diuresis yang menyebabkan produksi urin berlebih. Konsumsi kafein berulang dapat menyebabkan kecanduan.

Rekomendasi konsumsi kopi

Minuman kopi sebaiknya dibatasi agar tidak merusak tubuh. Orang dewasa yang sehat sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi dalam sehari. Ibu yang sedang hamil, apabila tetap ingin meminum kopi, sebaiknya membatasi agar konsumsi tidak lebih dari 2 cangkir dalam satu hari. Anak-anak yang masih kecil sebaiknya tidak minum kopi tanpa diawasi oleh orang tuanya.

Daftar Pustaka:

  • Gunter MJ, Murphy N, Cross AJ, et al. Coffee Drinking and Mortality in 10 European Countries: A Multinational Cohort Study. Annals of Medicine. Published online: July 11, 2017.
  • Nuhu A. Bioactive Micronutrients in Coffee: Recent Analytical Approaches for Characterization and Quantification. ISRN Nutr. 2014: 384230.
  • Caffeine-Related Disorders. In: Diagnostics and Statistical Manual of Mental Disorders. Publisher: American Psychiatric Association. 2013.
  • Urgert R, Weusten-van der Wouw MP, Hovenier R, Meyboom S, Beynen AC, Katan MB. Diterpenes from coffee beans decrease serum levels of lipoprotein(a) in humans: results from four randomized controlled trials. In: PubMed: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9234024.
  • Chlorogenic Acid. In: PubChem: https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/chlorogenic_acid.

POST A COMMENT

0 Comments