Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Cara Diet Alami

Cara Diet Alami

Jumat, 13/04/2018 | 12:41 WIB

General

Share this article

Cara Diet Alami

Diet adalah penyesuaian jumlah makanan dan waktu makan dengan kemampuan tubuh untuk memprosesnya dengan cara memadupadankan jenis makanan. Diet yang sehat haruslah seimbang, bukan hanya sekedar menurunkan berat badan saja. Semua kebutuhan gizi harus terpenuhi sehingga hasil yang didapatkan maksimal.

Tujuan Diet :

  • Mempertahankan berat badan yang ideal dengan tetap mempertahankan status gizi yang optimal
  • Meningkatkan kesehatan atau kebugaran
  • Memperbaiki metabolisme tubuh

Jenis-jenis makanan untuk diet :

  • Mineral
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Vitamin

Mengetahui status nutrisi :

IMT

Arti

<18,4

Underweight

18,5-24,9

Normal

25-29,9

Overweight

30-39,9

Obesitas

40 ke atas

Grand Obese

Pada orang yang mengalami overweight, obese dan grand obese dapat melakukan diet.

Berat badan ideal dicapai :

90% ( tinggi badan โ€“ 100 cm )

Kebutuhan Kalori :

a)  Kebutuhan kalori dasar dihitung menggunakan rumus Harris Benedict

b)  (BMR)

c)  Laki-laki = 66,5 + 13,75 x BB + 5 x TB โ€“ 6,75 x usia

d)  Perempuan = 65,5 + 9,56 x BB + 1,84 x TB โ€“ 4,67 x usia

e)  Kemudian jumlah kalori dikalikan dengan faktor aktivitas

f)  Tidak ada aktivitas fisik : Kalori x 1,2

g)  Sedikit aktivitas fisik : Kalori x 1,375

h)  Aktivitas fisik sedang ( olahraga 3-5 kali setiap minggu : kalori x 1,55 )

i)  Aktivitas berat (olahraga 6-7 kalori tiap minggu : kalori x 1,725)

Jumlah kalori dalam diet :

  • Pengurangan 300-500 dari jumlah kalori harian anda dapat membantu mengurangi 0,5-1 kg setiap minggu
  • Diet dilakukan hingga mencapai berat badan ideal

Komposisi makanan yang dianjurkan meliputi :

  • Karbohidrat : 45-65% total asupan energi
  • Lemak : 20-25% total asupan energi
  • Protein : 10-20% total asupan energi
  • Garam < 1 sendok teh setiap hari
  • Serat minimal 25 gram setiap hari

Tips diet sehat :

  1. Menerapkan target berat badan yang wajar antara 5-10% penurunan berat badan dalam setahun
  2. Menghindari makanan siap saji dan goreng-gorengan yang banyak mengandung kalori, bahan pengawet dan garam
  3. Menghindari minuman soft drink dan beralkohol karena konsumsi alkohol berlebih dapat membuat berat badan naik
  4. Olahraga yang teratur minimal 30 menit perhari misalnya dengan lari, aerobik ataupun kardio. Olahraga sebaiknya dilakukan 3-5 kali dalam seminggu
  5. Perbanyak konsumsi air mineral karena dapat membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan membakar lebih banyak kalori
  6. Penuhi nutrisi dengan makan makanan sehat

Daftar Pustaka

  • Ramayulis, Rita. Diet Untuk Penyakit Komplikasi. Penerbit Penebar Plus. Jakarta. 2016
  • Direktorat Bina Subdit Bina Gizi Klinik. Diet Energi Rendah. Kementrian Kesehatan RI. 2011
  • Direktorat Bina Gizi Subdit Bina Gizi Klinik. Diet Rendah Kalori. Kementrian Kesehatan RI. 2011

ยท  Frankenfield DC, Muth ER. The Harris Benedict Studies of Human Basal

  Metabolisme: History and Limitations. J Am Diet Assoc. 1998 Apr

POST A COMMENT

0 Comments