Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Diet Keto

Diet Keto

Selasa, 25/10/2016 | 16:26 WIB

General

Share this article

Pengobatan obesitas dan penyakit kardiovaskuler merupakan salah satu tantangan yang paling sulit dan paling penting saat ini. Penurunan berat badan sering sekali ditawarkan sebagi terapi untuk memperbaiki komponen sindrom metabolik. Salah satu jenis diet rendah karbohidrat yang sedang populer saat ini adalah diet keto.

Diet Keto

Diet keto merupakan suatu pola diet dengan prinsip rendah karbohidrat, tetapi biasanya tinggi lemak dan protein. Diet keto terbukti efektif dalam jangka pendek hingga menengah sebagai alat untuk melawan obesitas.

Tujuan diet keto adalah menurunkan asupan karbohidrat. Tubuh akan beradaptasi atau berinduksi dalam kondisi ketosis yaitu menghasilkan keton dan lemak. Tujuan diet keto ini untuk menjaga tubuh dalam kondisi ketosis dengan tidak melakukan pembatasan kalori.

Cara Menjalani Diet Keto

Diet Keto

Untuk yang tertarik menjalani diet keto untuk mengurangi berat badan, bisa lakukan dengan menghindari makanan berikut:

  • Sumber karbohidrat utama seperti: nasi, jagung, pasta, umbi-umbian, gandum, dan makanan olahannya.
  • Semua buah kecuali alpukat dan stroberi. Hindari juga smoothies, pemanis buatan dan jus buah manis.
  • Minyak nabati terutama yang mengandung transfat
  • Makanan yang dapat dimakan saat diet keto adalah:
  • Protein seperti, telur, kaldu ayam, kaldu sapi, daging sapi, ayam, bebek
  • Sayuran seperti bayam, sawi, kol, brokoli
  • Buah seperti alpukat dan stroberi
  • Minuman seperti air putih, cuka apel, VCO, teh dan kopi tanpa gula
  • Snack seperti kacang

Komposisi standar diet ketogenik pada orang dewasa * (dihitung untuk diet 2000 kkal / hari).

Diet Keto Klasik

Didefinisikan sebagai <130 g karbohidrat per hari atau <26% dari asupan kalori oleh American Diabetes Association

Diet Atkins Modifikasi

65% asupan kalori dari lemak, 30% protein, 6% karbohidrat

Diet keto sangat rendah karbohidrat

Karbohidrat <30 g / hari

Efek Positif Diet Keto

Efek positif yang Anda dapat dengan menerapkan diet kerto adalah penurunan massa tubuh. Tetapi diet ketogenik juga meningkatkan beberapa kekhawatiran. Efek negatif dari diet keto ini adalah kerja ginjal yang semakin berat akibat makanan tinggi protein. Pada keadaan jangka panjang, diet ini meningkatkan risiko dislipidemia atau kolesterol serta menurunkan kepadatan tulang.

Ditinjau oleh: dr. Danny Darmawan

Referensi:

  • Paoli Antonio. Ketogenic Diet for Obesity: Friend or Foe?. 2014. [https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3945587/]
  • Kosinski C, Jornayvaz FR. Effects of Ketogenic Diets on Cardiovascular Risk Factors: Evidence from Animal and Human Studies. 2017. [https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5452247/]

POST A COMMENT

0 Comments