Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Penyebab Nyeri Gas

Penyebab Nyeri Gas

Rabu, 31/10/2018 | 16:33 WIB

General

Share this article

PENYEBAB NYERI GAS

Gas dalam gejala pencernaan adalah bagian dari proses normal pencernaan. Menyingkirkan kelebihan gas, baik dengan bersendawa atau melewati gas (flatus), juga normal. Nyeri gas dapat terjadi jika gas terperangkap atau tidak bergerak dengan baik melalui sistem pencernaan. Peningkatan rasa sakit gas atau gas dapat terjadi akibat makan makanan yang lebih mungkin menghasilkan gas. Gangguan sistem pencernaan tertentu, seperti sindrom iritasi usus atau penyakit celiac  peningkatan rasa sakit gas

Penyebab

Gas di perut terutama disebabkan oleh menelan udara saat makan atau minum. Sebagian besar gas perut dilepaskan saat bersendawa. Gas terbentuk di usus besar ketika bakteri memfermentasi karbohidrat dan serat, beberapa pati dan beberapa gula - yang tidak dicerna di usus kecil. Bakteri juga mengkonsumsi sebagian dari gas, tetapi sisa gas dilepaskan ketika melewatkan gas dari anus. Makanan berserat tinggi yang biasanya menyebabkan gas termasuk: Kacang dan kacang polong (kacang polong), buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh.

Faktor diet lainnya

Faktor diet lain yang dapat berkontribusi pada peningkatan gas dalam sistem pencernaan termasuk yang berikut:

1. Minuman berkarbonasi, seperti soda dan bir, meningkatkan gas perut.

2. Kebiasaan makan, seperti makan terlalu cepat, minum melalui sedotan, permen karet, mengisap permen atau berbicara sambil mengunyah hasil dalam menelan lebih banyak udara.

3. Suplemen serat yang mengandung psyllium, seperti Metamucil, dapat meningkatkan gas kolon.

4. Gula pengganti, atau pemanis buatan, seperti sorbitol, manitol dan xylitol, ditemukan di beberapa makanan bebas gula dan minuman dapat menyebabkan kelebihan gas kolon.

Kondisi medis

Kondisi medis yang dapat meningkatkan gas usus, kembung atau nyeri gas termasuk yang berikut:

1. Penyakit usus kronis. Kelebihan gas sering merupakan gejala kondisi usus yang kronis, seperti diverticulitis, kolitis ulserativa atau penyakit Crohn.

2. Pertumbuhan bakteri usus kecil yang berlebihan. Peningkatan atau perubahan pada bakteri di usus kecil dapat menyebabkan kelebihan gas, diare dan penurunan berat badan.

3. Intoleransi makanan. Gas atau kembung dapat terjadi jika sistem pencernaan tidak dapat memecah dan menyerap makanan tertentu, seperti gula dalam produk susu (laktosa) atau protein seperti gluten dalam gandum dan biji-bijian lainnya.

Sembelit. Sembelit bisa membuat sulit untuk melewati gas.

Gejala

Tanda atau gejala sakit gas atau gas termasuk:

1. Bersendawa

2. Nyeri, kram atau perasaan tersimpul di perut

3. Perasaan kenyang atau tekanan di perut (kembung)

4. Peningkatan yang dapat diamati dalam ukuran perut (distensi)

Bersendawa adalah normal, terutama selama atau tepat setelah makan. Kebanyakan orang menghabiskan gas hingga 20 kali sehari. Oleh karena itu, sementara memiliki gas mungkin tidak nyaman atau memalukan, bersendawa dan gas yang lewat jarang menjadi tanda adanya masalah medis.

Diagnosa

Dokter mungkin akan menentukan apa yang menyebabkan rasa sakit gas dan gas berdasarkan:

1. Riwayat medis

2. Ulasan tentang kebiasaan diet

3. Pemeriksaan fisik

Selama pemeriksaan fisik, dokter mungkin menyentuh perut untuk menentukan apakah ada yang terasa tidak normal. Mendengarkan suara perut dengan stetoskop dapat membantu dokter menentukan seberapa baik saluran pencernaan bekerja. Tergantung pada test dan adanya tanda-tanda dan gejala lain - seperti penurunan berat badan, darah di bangku atau diare – dokter mungkin memesan tes diagnostik tambahan.

Pengobatan

Jika nyeri gas disebabkan oleh masalah kesehatan lain, mengobati kondisi yang mendasarinya dapat memberikan bantuan. Jika tidak, gas yang mengganggu umumnya diperlakukan dengan tindakan diet, modifikasi gaya hidup atau obat-obatan. Meskipun solusinya tidak sama untuk semua orang.

Diet

Perubahan pola makan dapat membantu mengurangi jumlah gas yang dihasilkan tubuh atau membantu gas bergerak lebih cepat melalui sistem anda. Membuat catatan harian diet dan menentukan pilihan terbaik untuk perubahan dalam diet . Mengurangi atau menghilangkan faktor makanan berikut dapat meningkatkan gejala gas :

1. Makanan berserat tinggi. Makanan tinggi serat yang dapat menyebabkan gas termasuk kacang, bawang, brokoli, kubis Brussel, kubis, kembang kol, artichoke, asparagus, pir, apel, persik, plum, gandum utuh .

2. Susu. Mengurangi produk susu dari diet dapat mengurangi gejala. Anda juga dapat mencoba produk susu yang bebas laktosa atau mengambil produk susu yang dilengkapi dengan laktase untuk membantu pencernaan.

3. Pengganti gula. Hilangkan atau kurangi pengganti gula, atau coba pengganti yang berbeda.

4. Makanan yang digoreng atau berlemak. Lemak makanan menunda pembersihan gas dari usus. Mengurangi makanan yang digoreng atau berlemak dapat mengurangi gejala.

 5. Minuman bersoda. Hindari atau kurangi asupan minuman berkarbonasi.

6. Suplemen serat. Jika  menggunakan suplemen serat, bicarakan dengan dokter tentang jumlah dan jenis suplemen yang terbaik.

7. Air. Untuk membantu mencegah sembelit, minumlah air dengan makanan sepanjang hari dan dengan suplemen serat.

Daftar pustaka :

1. Gas in the digestive tract. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/gas-digestive-tract.

2. Feldman M, et al. Intestinal gas. In: Sleisenger and Fordtran's Gastrointestinal and Liver Disease: Pathophysiology, Diagnosis, Management. 10th ed. Philadelphia, Pa.:

3. Saunders Elsevier; 2016. https://www.clinicalkey.com.

4. Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gas-and-gas-pains/symptoms-causes/syc-20372709

POST A COMMENT

0 Comments