Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Bursitis

Bursitis

Selasa, 23/10/2018 | 15:46 WIB

Penyakit B

Share this article

BURSITIS

Definisi

Bursitis adalah kondisi menyakitkan yang mempengaruhi kantung kecil berisi cairan yang disebut bursae, yang melindungi tulang, tendon dan otot di sekitar sendi Anda. Bursitis terjadi ketika bursae menjadi meradang.

Lokasi yang paling umum untuk radang kandung lendir adalah di bahu, siku dan pinggul. Tetapi Anda juga bisa mengalami bursitis di lutut, tumit, dan pangkal jempol kaki Anda. Bursitis sering terjadi di dekat sendi yang melakukan gerakan berulang yang sering.

Perawatan biasanya dengan mengistirahatkan sendi yang bermasalah dan melindunginya dari trauma lebih lanjut. Dalam kebanyakan kasus, nyeri bursitis akan hilang dalam beberapa minggu dengan pengobatan yang tepat, tetapi kambuhnya bursitis sering terjadi.

Penyebab

Penyebab paling umum dari radang kandung lendir adalah gerakan atau posisi berulang yang memberi tekanan pada bursae di sekitar sendi. Jika Anda terlalu sering menggunakan sendi selama Anda berolahraga atau di tempat kerja, menekan bursae dalam waktu yang cukup lama, atau mendapat cedera tiba-tiba, bursae bisa menjadi meradang. Sebagai contoh yang termasuk penyebab bursitis:


  • Melempar bola bisbol atau mengangkat sesuatu di atas kepalamu berulang kali
  • Bersandar di siku Anda untuk waktu yang lama
  • Berlutut secara ekstensif untuk tugas-tugas seperti meletakkan karpet atau menggosok lantai

Penyebab lain termasuk cedera atau trauma pada daerah yang terkena, radang sendi peradangan seperti rheumatoid arthritis, asam urat dan infeksi.

Faktor risiko

Anda dapat meningkatkan munculnya risiko bursitis apabila:

  • Usia. Bursitis menjadi lebih umum dengan penuaan.
  • Pekerjaan atau hobi. Jika pekerjaan atau hobi Anda membutuhkan gerakan atau tekanan berulang pada bursa tertentu, risiko Anda mengembangkan bursitis meningkat. Contohnya termasuk peletakan karpet, pengaturan ubin, berkebun, melukis dan memainkan alat musik.
  • Kondisi medis lainnya. Penyakit dan kondisi sistemik tertentu, seperti rheumatoid arthritis, asam urat dan diabetes yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena radang kandung lendir. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berkembangnya hiper dan lutut bursitis.

Gejala

Tanda pertama masalah adalah rasa sakit, bersama dengan pembengkakan dan nyeri di daerah tersebut. Bursitis berbeda dari tendinitis, yaitu peradangan atau iritasi pada tali pusat, atau tendon, yang melekatkan otot Anda ke tulang.

Anda lebih mungkin untuk mendapatkan bursitis pada usia yang lebih tua. Salah satu tempat paling umum menyerang adalah pundak, yang memiliki jangkauan gerak terbesar dari semua sendi utama tubuh. Jika Anda mendapatkan bursitis di sana, Anda mungkin akan merasakan sakit di bagian luar bahu Anda.

Selain bahu, sendi lain di mana Anda bisa mendapatkan bursitis adalah siku, pinggul, dan lutut. Rasa sakit akibat bursitis cenderung paling parah saat Anda menggunakan sendi, tetapi juga bisa sakit pada malam hari.

Diagnosis

Dokter Anda dapat mendiagnosis bursitis berdasarkan riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Biasanya dokter dapat merekomendasikan Anda untuk menentukan penyakit berdasarkan gejala yang Anda rasakan. Tes tersebut diantaranya:

  • Tes pencitraan. Gambar-gambar X-ray tidak dapat secara positif menegakkan diagnosis bursitis, tetapi mereka dapat membantu menyingkirkan penyebab ketidaknyamanan lainnya. Ultrasound atau MRI dapat digunakan jika bursitis Anda tidak dapat didiagnosis dengan mudah oleh pemeriksaan fisik saja.
  • Tes laboratorium. Dokter Anda mungkin merekomendasikan tes darah atau analisis cairan dari bursa yang meradang untuk menentukan penyebab peradangan sendi dan rasa sakit Anda.

Penanganan

Anda dapat menggunakan tiga langkah berikut untuk membantu menurunkan bengkak dan rasa sakit yang Anda rasakan:

  • Istirahat. Cobalah untuk tidak terlalu banyak menggerakkan sendi, dan hindari kegiatan yang akan menekannya.
  • Kompres es. Dengan lembut kompres area yang bengkak atau nyeri dengan kantong es (atau sekantong kacang polong beku) dibungkus dengan handuk di daerah itu selama sekitar 10 menit setiap kali dan ulangi setiap beberapa jam di siang hari.

Gunakan penghilang rasa sakit, seperti parasetamol atau ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakit. Anda juga mungkin ingin meletakkan bantal tambahan di sekitar sendi yang terkena saat Anda tidur untuk membantu melindungi dan mendukungnya.

Untuk menangani bursitis, dokter Anda dapat merekomendasikan beberapa perawatan berdasarkan tingkat keparahan bursitis yang Anda alami:

  • Obat-obatan. Antibiotik biasanya diminum selama 7 hari jika bursitis disebabkan oleh infeksi.
  • Terapi. Terapi fisik atau latihan dapat memperkuat otot-otot di area yang terkena untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah kekambuhan.
  • Suntikan. Obat kortikosteroid yang disuntikkan ke bursa dapat menghilangkan rasa sakit dan peradangan di bahu atau pinggul Anda. Perawatan ini umumnya bekerja dengan cepat dan, dalam banyak kasus, satu suntikan adalah semua yang Anda butuhkan.
  • Alat bantu. Penggunaan sementara tongkat berjalan atau alat lain akan membantu mengurangi tekanan pada area yang terkena.
  • Operasi. Kadang-kadang suatu bursa yang meradang harus dikeringkan dengan pembedahan, tetapi hanya jarang adalah operasi pengangkatan bursa yang terkena dampak yang diperlukan.

Pencegahan

Meskipun tidak semua jenis bursitis dapat dicegah, Anda dapat mengurangi risiko dan keparahan dengan mengubah cara Anda melakukan langkah-langkah berikut, termasuk:

  • Menggunakan bantalan selama berlutut. Gunakan beberapa jenis bantalan untuk mengurangi tekanan pada lutut Anda jika pekerjaan atau hobi Anda membutuhkan banyak berlutut.
  • Mengangkat lutut dengan benar. Tekuk lutut Anda saat mengangkat. Kegagalan untuk melakukannya membuat stres ekstra pada bursae di pinggul Anda.
  • Membawa beban berat. Membawa beban berat memberi tekanan pada bursae di bahu Anda. Gunakan dolly atau roda beroda sebagai gantinya.
  • Sering beristirahat. Tugas berulang yang bergantian dengan istirahat atau aktivitas lainnya.
  • Mempertahankan berat badan normal. Kelebihan berat badan menempatkan lebih banyak tekanan pada sendi Anda.
  • Berolahraga. Memperkuat otot-otot Anda dapat membantu melindungi sendi yang terkena.
  • Pemanasan dan peregangan sebelum aktivitas berat untuk melindungi persendian Anda dari cedera.

Daftar Pustaka

  1. Bursitis. In : www.nhs.uk. 2017
  2. Blahd W, MD. What Is Bursitis?. In : WebMD. 2017
  3. Bursitis. In : Mayo Clinic 2017

POST A COMMENT

0 Comments