Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Mengenali Kadar Gula dalam Makanan dan Minuman anda

Mengenali Kadar Gula dalam Makanan dan Minuman anda

Senin, 1/10/2018 | 10:42 WIB

General

Share this article

BERAPA BANYAK GULA DALAM MAKANAN DAN MINUMAN ANDA?

Apa itu gula?

Gula adalah karbohidrat sederhana yang termasuk dalam kelas zat-zat pencerah manis yang berhubungan dengan kimia.Tiga jenis utama gula adalah sukrosa, laktosa, dan fruktosa. Meskipun sel membutuhkan glukosa untuk bertahan hidup, terlalu banyak mengonsumsi dapat menyebabkan masalah kesehatan. AHA (American Heart association) mengatakan bahwa menambahkan gula berkontribusi nol nutrisi dan merupakan kalori kosong "yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan, atau bahkan obesitas, sehingga mengurangi kesehatan jantung." Menyadari kandungan gula yang ada dan ditambahkan dalam makanan dan minuman maka sangat penting untuk kita mengetahui kesehatan secara keseluruhan.

Cokelat Batangan

Meskipun ada pilihan cokelat yang kurang berbahaya, seperti cokelat gelap atau mentah, ada berbagai macam cokelat yang tersedia di pasaran dan kandungan gula bervariasi antara merek dan produk seperti beberapa produk dibawah ini :

a. Snickers bar (57 g): 5.83 sendok teh gula

b. Milky Way bar (58 g): 7,02 sendok teh gula

c. 3 Musketeers bar (60 g): 8,14 sendok teh gula

d. Butterfinger bar (60 g): 5.58 sendok teh gula

e. Dove chocolate bar (37 g): 4.16 sendok teh gula

f. Hershey's Milk Chocolate bar (43 g): 4,87 sendok teh gula

g. Twix bar (57 g): 5.68 sendok teh gula

h. Paket cokelat susu M & M (42 g): 5.68 sendok teh gula

Minuman Ringan

Minum yang bersoda dan bergula dapat memberi kontribusi sebagian besar asupan gula harian anda seperti beberapa produk berikut ini :

a. Coca-Cola (satu kaleng, 330 ml): 7,25 sendok teh gula

b. Red Bull (satu kaleng): 5.35 sendok teh gula

c. Sprite (satu kaleng): 7.61 sendok teh gula

d. Old Jamaica Ginger Beer (satu kaleng): 10.18 sendok teh gula

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Circulation, jurnal AHA, mengidentifikasi hubungan antara minum lebih dari satu kaleng soda sehari dan peningkatan risiko mengembangkan penyakit jantung dan diabetes.

Sereal Sarapan

Beberapa sereal  yang tersedia sering kali memiliki rasa yang sangat manis. Di AS, sereal sarapan termasuk di antara makanan yang paling umum dikonsumsi dengan kadar gula tambahan yang tinggi. Berikut beberapa produk yang menunjukkan jumlah gula per 100 g yang disajikan di beberapa sereal yang paling popular antara lain : Alpen: 4,05 sendok teh gula, Cheerios: 0,88 sendok teh gula, Corn Flakes: 1,93 sendok teh gula, Kakao Krispies: 7.83 sendok teh gula, Froot Loops: 8.46 sendok teh gula, Raisin Bran: 6.35 sendok teh gula, Frosted Flakes: 7.12 sendok teh gula, HoneySmacks: 11,4 sendok teh gula, Rice Krispies: 2 sendok teh gula Khusus K: 2,57 sendok teh gula. dan lain-lain.

Buah

Buah mengandung sejenis gula yang disebut fruktosa. kadar gula berkisar dari 1 sendok teh per 100 gram. Perlu diingat bahwa mengkonsumsi buah adalah bagian dari diet yang sehat dan seimbang. Berikut buah dengan kandungan kadar gula didalamnya antara lain : mangga: 2,77 sendok teh gula, pisang: 2,48 sendok teh gula, apel: 2,11 sendok teh gula, nanas: 2 sendok teh gula, anggur: 3,14 sendok teh gula, lemon: 0,5 sendok teh gula, buah kiwi: 1,82 sendok teh gula, stroberi: 0,99 sendok teh gula, blueberry: 2,02 sendok teh gula,tomat: 0,53 sendok teh gula.

Risiko

Makan terlalu banyak gula  menimbulkan risiko bagi kesehatan jantung. karena terbukti bahwa itu dapat mengarah pada kondisi kesehatan berikut:

a. Obesitas: Sebuah penelitian baru-baru ini di QJM menemukan bahwa makan lebih banyak gula dan mengkonsumsi soda buatan manis dikaitkan dengan obesitas.

b. Penyakit jantung: Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine menyelidiki asupan gula dan kematian yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

c.Diabetes tipe 2: Orang yang mengkonsumsi lebih banyak gula daripada rata-rata lebih mungkin untuk mengalami kelebihan berat badan, yang merupakan faktor risiko untuk diabetes tipe 2.

Daftar pustaka :

  1. Basic report: 14154, beverages, Energy drink, Red Bull. (2016, May). Retrieved from https://ndb.nal.usda.gov/ndb/foods/show/4234?manu=&fgcd=&ds=
  2. Medical news today. How much sugar in your food and drink?https://www.medicalnewstoday.com/articles/262978.php

POST A COMMENT

0 Comments