Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Lemak Tubuh

Lemak Tubuh

Jumat, 7/09/2018 | 10:47 WIB

General

Share this article

LEMAK TUBUH 

Defenisi Lemak tubuh

Lemak tubuh memiliki istilah ilmiah yaitu jaringan adipose. Jaringan ini berfungsi untuk melayani fungsi penting dalam tubuh. Tujuan utamanya adalah untuk menyimpan lipid dari mana tubuh menciptakan energi. Selain itu jaringan lipid mengeluarkan sejumlah hormon penting dalam tubuh. Jadi lemak wajib dan sangat penting dimiliki seseorang. Namun ada batasan normal yang diperlukan oleh tubuh.

Berapa Jumlah Lemak Tubuh yang Normal

Tubuh sangat memerlukan lemak untuk membantu penyerapan beberapa jenis vitamin dan memproduksi hormon. meski demikian, bukan berarti anda harus berlomba-lomba untuk memperbanyak lemak didalam tubuh. Berikut adalah jumlah lemak normal yang diinginkan oleh tubuh berdasarkan jenis kelamin,untuk wanita 20-32 % sedangkan untuk laki-laki 10-22 %. 

Tetapi jumlah normal tersebut masih tergantung pada aktivitas fisik yang dilakukan. Semakin sering anda melakukan aktivitas fisik maka jumlah kadar lemak dalam tubuhnya akan semakin sedikit dibandingkan orang yang tidak melakukan aktivitas fisik. Berikut jumlah kadar lemak dalam tubuh berdasarkan aktivitas fisik yang dilakukan :

  1. Untuk atlet laki-laki kadar lemak normalnya 6-13% sedangkan atlet wanita 14-20%
  2. Sering olahraga tapi tidak atlet, untuk laki-laki kadar lemak 14-17% untuk perempuan 21-24%
  3. Jarang olahraga, dianggap normal jika masih mempunyai kadar lemak 18-25% untuk laki-laki dan 25-31% untuk wanita.

Cara Mengetahi Kadar Lemak Dalam Tubuh

Mengetahui kadar lemak dalam tubuh sangat dibutuhkan, karena jika anda mempunyai kelebihan lemak dapat meningkatkan resiko anda terkena penyakit kronis. Pada umumnya lemak tubuh diukur dengan menggunakan alat penjepit khusus yang disebut dengan kaliper. Atau dengan menggunakan timbangan khusus yang dapat mendeteksi kadar lemak. Tetapi untuk melakukan pemeriksaan ini bisa kita lakukan dirumah sakit.

Selain itu menentukan kadar lemak tubuh bisa juga dengan menggunakan rumus khusus. Untuk dapat menggunakan rumus ini anda harus terlebih dahulu mengetahui Indeks Masa Tubuh (IMT) anda. Bila sudah tau boleh menggunakan rumus berikut :

Rumus untuk mengukur kadar lemak dalam tubuh :

  1. Untuk laki- laki (1.20 x IMT) + (0.23x Usia)-10.8-5.4
  2. Untuk wanita (1.20xIMT) + (0.23 x Usia) -5.4) 

Rumus untuk mengukur Indeks masa Tubuh :

IMT = Weight Kilogram/Height In MetersĀ²

Jumlah kadar lemak yang didapat dengan menggunakan rumus diatas memang belum akurat secara 100%. Namun dengan demikian anda bisa was-was dengan kadar lemak yang anda dapatkan.

Cara Mengurangi Lemak Dalam Tubuh

Jika anda mempunyai lemak yang berlebih disarankan anda untuk mengurangi lemak agar terhindar dari resiko penyakit kronis. Berikut cara mengurangi lemak dalam tubuh antara lain pilihlah makan yang rendah kalori, fokus pada protein bukan hanya lemak, prioritas buah dan sayuran dalam makanan, jadikan air putih sebagai minuman nomor satu, hindari gula dan pemanis buatan. Selain dengan memperhatikan pola makan, melakukan olahraga dengan teratur merupakan salah satu cara untuk mengurangi lemak dalam tubuh.

Daftar pustaka :

  1. Abdominal fat and what to do about it." Harvard Health Publishing: Harvard Medical School. www.health.harvard.edu/staying-healthy/abdominal-fat-and-what-to-do-about
  2. LIVESTRONG.COM. (2015). What Is the Formula to Calculate Body Fat Percentage?. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/102670-formula-calculate-body-fat-percentage

POST A COMMENT

2 Comments