Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Ragam Manfaat Almond Untuk Kesehatan Anda

Ragam Manfaat Almond Untuk Kesehatan Anda

Jumat, 31/08/2018 | 13:34 WIB

General

Share this article

Ragam Manfaat Almond Untuk Kesehatan Anda


Apa itu kacang almond

Kacang almond (Prunus dulcis) merupakan jenis kacang yang sangat populer di Amerika dan merupakan tanaman asli Timur Tengah yang menyebar ke Asia Selatan, Afrika Utara dan Eropa Selatan.

Kacang almond dapat dimakan langsung maupun dipanggang dengan penambahan rasa manis ataupun asin, namun almond yang dimakan langsung lebih kaya manfaat dibandingkan kacang almond yang dipanggang, karena proses pemanggangan dapat merusak kandungan kacang almond. Manfaat kacang almond juga dapat anda peroleh dari produk olahan seperti susu almond, sereal, yogurt, dan mentega almond.

Kandungan vitamin dan mineral

Kacang almond mengandung lemak sehat, serat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga termasuk ke dalam makanan yang baik untuk kesehatan. Kacang almond juga kaya akan antioksidan seperti fenol, flavonoid dan asam fenolik. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam satu ons kacang almond (sekitar 24 biji) setara dengan secangkir teh hijau atau brokoli kukus.

Kacang almond memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah, dimana tiap satu ons kacang almond mengandung 2,5 gram karbohidrat, sehingga sangat cocok dijadikan camilan bagi anda yang sedang melakukan diet karbohidrat.

Manfaat alomnd bagi kesehatan Anda

Kacang almond memiliki beragam manfaat bagi kesehatan Anda, diantaranya:

  • Kandungan serat yang terdapat dalam kacang almond bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin setiap hari selama 6 minggu. Selain itu serat yang terkandung dalam kacang almon dapat meningkatkan metabolisme dan fungsi saluran pencernaan..
  • Kandungan antioksidan pada kacang almond mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan memperlancar aliran darah anda.
  • Menurut penelitian yang berjudul Journal of Gynecologic and Obstetric Investigation, konsumsi kacang almond secara rutin mengurangi risiko kanker payudara hingga 2 sampai 3 kali lipat.
  • Kacang almond mengandung cukup mineral magnesium yang dibutuhkan penderita diabetes tipe 2 untuk meningkatkan resistensi insulin.
  • Konsumsi kacang almond dapat menurunkan risiko patah tulang. Hal ini karena kandungan kalsium yang terdapat pada segenggam kacang almond, setara dengan 1/4 cangkir susu yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.
  • Kacang almond diyakini dapat meningkatkan libido pria karena kandungan asam lemak yang terdapat pada kacang almond dapat meningkatnya produksi hormon seksual.

Daftar Pustaka :

  1. Thompson C. Almonds: The New Power Food. In : WebMD. 2009
  2. A Kamil, Y Chen C. Health benefits of almonds beyond cholesterol reduction. In : PubMed, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22296169/. 2012
  3. Berryman CE, PhD, West SG, PhD, Fleming JA, MS, RD, Bordi PL, PhD, and Etherton PMK, PhD, RD. Effects of Daily Almond Consumption on Cardiometabolic Risk and Abdominal Adiposity in Healthy Adults With Elevated LDL?Cholesterol: A Randomized Controlled Trial. In  PubMed, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4330049/. 2015
  4. Glassman K, MS, RD, CDN. Why Are Almonds Good for Me?. In : WebMD. 
  5. Mercola, Dr. What Are Almond Good For You?. In : FoodFactsmond Good For You?. In : FoodFacts

POST A COMMENT

0 Comments