Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Senam Kegel

Senam Kegel

Jumat, 24/08/2018 | 14:51 WIB

General

Share this article

SENAM KEGEL

Senam kegel (Kegel Exercise) merupakan senam untuk memperkuat otot punggul bawah yang menyokong Rahim,Kantong kemih, Usus, dan Rektum. Senam kegel diperkenalkan oleh seorang dokter ahli kandungan yang berasal dari USA, Amerika Serikat pada tahun 1948 yaitu dr.Arnold Henry Kegel. Senam ini dilakukan secara seri dengan tipe latihan kontraksi untuk meningkatkan kekuatan otot dasar panggul.

Penting senam kegel adalah untuk otot panggul bawah dapat melemah karena : Hamil, Penuaan, Berat Badan. Lemahnya otot panggul bawah dapat menyebabkan, turunnya Rahim, kesulitan mengontrol buang air kecil dan besar.

Manfaat Senam Kegel

Senam kegel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, senam kegel bisa dilakukan pria ataupun wanita. Terutama pada wanita senam kegel dapat dilakukan selama kehamilan dan setelah melahirkan untuk mencegah terjadinya otot dasar pelvis. Berikut ini merupakan manfaat senam kegel adalah:

1. Menjaga control otot untuk buang air kecil dan besar ,yaitu mengontrol keluarnya urin yang tidak dapat dikontrol jika terjadi peningkatan dalam perut seperti saat bersin, tertawa ataupun batuk yang disebut ( Inkontinensia urin stress) dan mengontrol ketidakmampuan pengeluaran feses sehingga feses keluar dengan sendirinya ( Inkontinensia alfi)

2. Membantu stamina pria dan ejakulasi dini pada pria

3. Memperlancar proses persalinan bagi ibu hamil.

4. Mencegah turun  dan keluarnya rahim pasca persalinan melalui vagina (Prolaps uterus)

Cara melakukan senam kegel

Berikut cara melakukan senam kegel adalah :

1. Kosongkan kandung kemih atau buang air kecil lebih dahulu sebelum memulai.

2. Senam dapat dilakukan berbaring atau duduk

3. Kencangkan otot panggul bawah, tahan selama 5 detik lepaskan dan istirahat selama 5 detik ulangi sebanyak 4-5      kali. Lalu tingkatkan durasi hingga 10 detik.

4. Otot perut, paha, dan bokong harus rileks.

5. Bernafas seperti biasa

6. Ulangi 3 kali sehari,setidaknya lakukan 3 kali dengan10 pengulangan per set.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

Jika perut dan punggung nyeri setelah latihan ,berartisenam kegel tidak dilaksanakan dengan benar.

Daftar Pustaka :

1. Cavkaytar , S. et al .” effect of home-based kegel exercises on quality of life in women with stress and mixed urinaru incontinenc. “ journal of obstetricsand gynaecoogy.Vol.35.issue 4. Pp.407-410

2. Kashanian,Maryam, eT.al.” evaluation of the effect of pelvic floor muscle training (PFMT or kegel exercises) and assisted pelvic floor muscle training  (APFMT) by a resistance device. “ European journal of obstetrics and gynecology and reporoductive biology, Vol. 159. Issue 1.PP: 218-223.

POST A COMMENT

0 Comments