Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Meditasi

Meditasi

Kamis, 16/08/2018 | 14:16 WIB

General

Share this article

MEDITASI

Meditasi merupakan praktik refleksi atau renungan sederhana yang dapa dilakukan oleh semua orang. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), "meditasi" berarti merefleksikan, atau merenungkan, dapat menunjukkan latihan renungan dari sifat religius atau filosofis. Kata bermeditasi berasal dari bahasa Latin meditari, yang berarti memikirkan atau mempertimbangkan.

Respon relaksasi dari meditasi membantu menurunkan metabolisme, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan detak jantung, pernapasan dan respon otak. Meditasi juga membantu menanangkal penyakit dan infeksi, serta menurunkan gejala PMS.

meditasi

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda, hal yang akan Anda rasakan dari meditasi pada perasaan dan jiwa Anda adalah

  • Dapat mengatasi stres
  • Menemukan kedamaian dan keseimbangan batin.
  • Membantu memahami pikiran diri, belajar bagaimana mengubah pikiran negatif menjadi positif.
  • Segala perasaan tegang dan rasa sesak akan hilang dari otak ketika tubuh menerima pesan tenang untuk lebih bersantai.

Terdapat bukti ilmiah yang menunjukan bagaimana meditasi bekerja bagi tubuh, jiwa dan perasaan Anda, diantaranya adalah:

  • Pada orang yang bermeditasi dengan menggunakan pemidaian otak dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging) menunjukkan peningkatan aktivitas pada organ yang mengontrol metabolisme dan detak jantung.
  • Dalam 30 menit meditasi sehari mengurangi risiko penyakit jantung, depresi, alzheimer dan kematian dini.
  • Peserta meditasi sederhana harus fokus pada saat ini, daripada masa lalu atau masa depan.
  • Studi lain pada biksu budha telah menunjukkan bahwa meditasi menghasilkan perubahan jangka panjang dalam aktivitas otak di area yang terlibat dalam memori kerja, pembelajaran, dan persepsi sadar.
  • Dalam satu penelitian yang menguji kekebalan tubuh menunjukan kelompok orang yang bermeditasi memiliki tingkat antibody yang lebih tinggi terhadap virus flu dibandingkan dengan kelompok orang yang tidak melakukan meditasi setelah dua kelompok tersebut diberikan suntikan flu.

Ada lima cara berbeda untuk bermeditasi, diantaranya :

1. Menetapkan titik fokus, dengan mata terbuka atau tertutup.

2. Mengulang kata atau frasa dengan suara membaca doa atau nyanyian.

3. Gunakan imajinasi untuk memvisualisasikan gambar Tuhan atau dewa.

4. Memusatkan perhatian pada objek seperti lilin yang menyala di depan Anda.

5. Mengamati atau menghitung napas Anda dan memperhatikan sensasi tubuh juga merupakan titik fokus opsional.

Meditasi tidak sulit untuk dipraktikan. Anda tidak perlu mencari instruktur maupun kelompok kegiatan meditasi untuk berlatih. Anda hanya perlu berlatih secara rutin untuk mengembangkan kemampuan menghasilkan keadaan meditasi yang santai dan cepat. Berikut ini langkah-langkah meditasi yang dapat Anda lakukan, yaitu :

1. Dalam posisi duduk bersila, posisikan telapak kaki pada lantai dan telapak tangan pada pangkuan.

2. Tentukan fokus mata apabila Anda melakukan meditasi dengan mata terbuka, seperti melihat jam atau lilin.

3. Arahkan perhatian Anda pada nafas, abaikan pikiran dari hal-hal lain. Saat Anda menarik, rasakan udara masuk melalui hidung - tenggorokan - dada - dan perut.

4. Berfokus pada nafas, mengabaikan pikiran, dan mengulang kata atau frasa - mantra - menciptakan respons biologis relaksasi (apa itu respons biologis relaksasi?)

5. Kemudian keluar ke arah sebaliknya (mohon jelaskan sama seperti point ke 3 agar sesuai). Ulangi sebanyak 10 kali.

6. Ulangi kata atau frasa (mantra) untuk menciptakan relaksasi. Lakukan meditasi selama 10 – 30 menit.


Daftar Pustaka :

  • Mara Carrico. A Beginner's Guide to Meditation. In yogajournal.com
  • Jerry Kennard, ph.D. Meditation Good for Loneliness, Depression and Disease Prevention. 2012. in healthcentral.com
  • Drake Baer. Skye Gould. How To  Start Meditating. 2015.
  • Hari Sharma. Meditation : Process and effects. 2015. In PubMed
  • Davis JL. Meditation Balances the Body's Systems. 2006. In WebMD
  • M Ratini, DO, MS. Meditation, Stress, and Your Health. 2018. in WebMD

POST A COMMENT

0 Comments