Silahkan Input Ratting Terlebih Dahulu

×

Anda sudah Mendapatkan Voucher sebelumnya

×
Home / Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut

Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut

Jumat, 10/08/2018 | 13:46 WIB

General

Share this article

Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut

Mempunyai perut yang rata, langsing tanpa lemak merupakan idaman setiap orang, khusunya bagi wanita, karena dapat menunjang penampilan sehingga lebih percaya diri. Demi mendapatkan perut rata banyak cara yang dilakukan mulai dari diet ketat, olahraga, minum obat pelangsing dan lain lain. Tetapi cara tersebut belum tentu langsung berhasil. Jangan bersedih melakukan olahraga yoga merupakan pilihan yang tepat.

Berikut 5 gerakan yoga yang bisa mengecilkan perut :

1. Kumbhakasana – Postur Papan

cara melakukan gerakan ini adalah :

a. ambil posisi dengan tengkurap, kedua kaki lurus dengan kedua telapak tangan sejajar dengan bahu dan menempel pada matras.

b. tekuk jari kaki untuk penopang kaki. Luruskan kedua tangan sehingga mengangkat tubuh.

c.luruskan tubuh bagian atas dan bawah, kencangkan otot perut

d. pertahankan posisi selama 15-30 detik, atur pernapasan dan tetap kencangkan otot perut.

e. keluarkan napas perlahan-lahan dan kembalikam tubuh ke posis semula

f. lemaskann tubuh dan atur napas selama 15 detik dan ulangi gerakan sebanyak 5x

2 . Dhanurasana – Postur Busur

cara melakukan gerakan ini adalah :

a. posisi tengkurap dan kaki lurus, luruskan kedua tangan menempel pada sisi tubuh.

b. tekukkan kedua kaki ke belakang, dibarengi dengan tangan meraih ujung hari jari kaki. Angkat kaki setinggi mungkin sampai meraskan tekanan pada perut.

c. pertahankan posisi sampai 15-30 detik.

d. tarik napas dalam-dalam sambil posisikan tubuh ke posisi semula.

e. istirahat selama 15 detik dan ulangi gerakan sebanyak 5 kali.

3. Bhujang Asana – Postur Kobra

cara melakukan gerakan ini adalah :

a. dengan posisi tengkurap dan kaki lurus. Kedua telapak tangan sejajar dengan bahu. Dagu dan jari kaki/tangan ada menempel pada matras

b. angkat tubuh atas dan dorong menggunakan kedua tangan hingga kedua tangan lurus. Tarik napas dengan perlahan-lahan.

c. pertahankan posisi selama 15-30detik sambil menahan napas

d. posiskan tubuh kedalam posisi sebelumnya

e. istirahat selama 15 detik dan ulangi gerakan ini sebanyak 5kali

4. Naukasana – Postur Jembatan

cara melakukan gerkan ini adalah :

a. ambil posisi melentang dengan meluruskan kedua kaki dan menempel sedangkan kedua tangan lurus disisi tubuh

b. angkat kedua kaki dan tetap mebempel dan lurus. Tarik napas dengan dalam-dalam

c. capai jari kaki dengan kedua tangan. Angkat kedua kaki setinggi mungkin tanpa melepas tangan

d. jaga keseimbangan dan berusaha membentuk huruf V dengan bokong jadi tumpuan

e.pertahankan posisi selam 15 menit

f. lepaskan pegangan dan kembalikan ke posisi awal. Istirahat tubuh 15 detik kemudian ulangi gerakan 5 kali.

5. Pavanamukthasana – Postur Jongkok Telentang

cara melakukan gerakan ini :

a. posisi telentang dengan kedua kaki dan tangan lurus

b. angkat dan tekuk kedua kaki dengan tangan

c. paha menyentuh dada dan lutut ditekuk, dekapkan dengan tangan

d.berikan tekanan pada perut dengan paha. Dengan tekanan sedikit yang memeluk kedua kaki

d. pertahankan posisi selama 60-90detik dan bernapas dengan biasa

e.keluarkan napas dengan pelan-pelan dan posisikan tubuh ke posisi semula

f. istirahat selam 15 detik kemudian ualngi gerakan sebanyak 5kali.

Selain untuk mengecilkan perut manfaat dari gerakan yoga sangat banyak antara lain : menyehatkan lambung, melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, mengecangkan otot panggug dan pergelangan kaki, bisa menghilangkan stress, dan mengencangka wajah.


Daftar pustaka:

Cramer H, Thorns MS. Anheyer D, Lauche R, Dobos G. Yoga in Women with Abdominal obesity – A Randomized controlled trial. In:Pubmed central, https://www.ncbi.nlm.gov/pmc/articles/PMC5098025/2016.

POST A COMMENT

0 Comments